Hubungan Puasa Sunnah Dengan Poligami

07.54
══════════════════════
   🔰 FAKULTAS FIQH PUASA 🔰
    SOAL JAWAB No. 43
══════════════════════

🌻🌴  BAGAIMANA HUBUNGAN PUASA SUNNAH DENGAN POLIGAMI⁉❓ 

📥➡ Pertanyaan :

Ustadz, terkait puasa sunnah : Senin-Kamis atau puasa Dawud, bagaimana ustadz nasihatnya untuk yang poligami? Maksud saya, apakah mesti mengukur kemampuan ketika misalnya ingin puasa Daud. 

🔓✔ Ustadz Saeed Al-Bandunjie : 

Puasa Senin-Kamis dan puasa Daud adalah puasa sunnah yang sangat dicintai Alloh. Seperti disebutkan di Shohih Muslim dari Abi Qotadah :
Berkata Nabi ﷺ saat ditanya tentang sehari puasa sehari dan berbuka sehari. Yang demikian adalah puasa saudaraku Daud Alaihi Salaam dan ditanya tentang puasa hari Senin yang demikian adalah hari aku dilahirkan dan hari aku dibangkitkan dan hari diturunkan an-Nubuwah". 

وسئل عن صوم يوم وإفطار يوم قال ذاك صوم أخي داود عليه السلام قال وسئل عن صوم يوم الاثنين قال ذاك يوم ولدت فيه ويوم بعثت أو أنزل علي فيه.

Dan disebutkan di hadits Abdillah ibn Amru yang muttafaqun alaih bahwa puasa Daud adalah puasa sunnah yang paling prima. 

فَصُمْ يَوْماً وَأَفْطِرْ يَوْما . فَذَلِكَ مِثْلُ صِيَامِ دَاوُد عليه الصلاة والسلام . وَهُوَ أَفْضَلُ الصِّيَامِ . 

"Maka puasalah sehari dan berbuka sehari yang demikian seperti puasa Daud Alaihi Salaam. Yang demikian adalah sebaik-baiknya puasa". 

♻ Kesimpulan :
 Jika antum baarokallohu fikum semangat untuk beribadah puasa, maka silahkan berpuasa semampu yang disunnahkan Nabi kita ﷺ, bisa puasa Senin-Kamis atau puasa Daud, maka berpuasalah. Apalagi jika masih jomblo, ada faidah lainnya yakni bahwa puasa mengurangi syahwatnya secara efisien. 
Seperti di hadits ibn Abbaas di Ashohihain : 

يا معشر الشباب من استطاع منكم الباء فليتزوج ، ومن لم يستطع فعليه بالصوم فانه له وجاء

Bersabda Nabi ﷺ : 
"Wahai segenap pemuda barangsiapa diantara kalian mempunyai kemampuan maka menikahlah. Barangsiapa yang tidak mampu, maka perbanyaklah puasa karena ada padanya penurunan sexual". 

Namun jika sudah punya istri, apalagi sudah masuk ke level advance (ta'addud Zaujaat) sampai level third or fourth (ketiga atau keempat), saya nasihatkan agar jangan lupa dengan hak-hak istri dalam nafkah batin (coitus ). 

Karena bagi badanmu dan istri-isterimu haq kewajiban yang harus dipenuhi atas mereka. Sehingga puasa adalah ibadah dan (coitus) memberi nafkah batin istri juga adalah ibadah. 

Maka jika puasa yg ada padanya (wija) menurunkan syahwat. Membuat istri menjadi menderita. Apalagi jika ta'addud. Saat giliran istrinya yang siangnya puasa menjadi lemah dan giliran esoknya istri yang lainnya berbuka membuat dia jadi perkasa. 

Jika ada masalah dalam permasalahan puasa dengan ta'addud zaujaat, maka agar dipikirkan bagaimana keharmonisan kehidupan istri-istrinya dengan berpuasa. Jika bisa tetap kuat melayani istri-istrinya maka silahkan puasa. Jika tidak maka akan masuk kedzoliman di pihak lainnya. Seperti di Shohih Al-Bukhori Nabi ﷺ menasehati Abdillah bin Amr :

" يَا عَبْدَ اللَّهِ ،  أَلَمْ أُخْبَرْ أَنَّكَ تَصُومُ النَّهَارَ ، وَتقُومُ  اللَّيْلَ ؟ " قُلْتُ : بَلَى ، يَا رَسُولَ اللَّهِ ، قَالَ : " فَلا تَفْعَلْ ، صُمْ وَأَفْطِرْ ، وَقُمْ وَنَمْ ، فَإِنَّ لِجَسَدِكَ عَلَيْكَ حقًّا ، وَإِنَّ لِعَيْنِكَ عَلَيْكَ حَقًّا ، وَإِنَّ لِزَوْجِكَ عَلَيْكَ حَقًّا ، وَإِنَّ لِزَوْرِكَ عَلَيْكَ حَقًّا .

"Wahai Abdalloh aku dikabari tentangmu, bahwa di siang hari engkau selalu puasa tiap hari terus-menerus. Di malam hari engkau selalu sholat mulai dari awal malam sampai tidak tidur. Dijawab : tentu ya Rasulalloh. 
Jangan kau lakukan itu lagi. Puasalah dan berbuka dan tidurlah lalu sholat malam karena pada dirimu dan matamu dan istrimu ada kewajiban yg harus diberikan kepada mereka". 

Syariat ini mengajarkan kepada kita agar pandai-pandai bersikap adil dalam ibadah kita. 

Jangan sibuk beribadah untuk memenuhi haq Alloh saja, sampai-sampai  hak badan dan mata dan manusia di sekeliling kita (istri) diabaikan atau tidak dihiraukan, maka ini adalah kesalahan dalam memanage (mengatur) ibadah.

Alloh berfirman:
 اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ

"Berbuat adillah dalam segala sesuatu karena itu lebih menuju kepada ketakwaan". 

والله أعلم

▪▫▪🔰▫▪▫

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »