Kriteria Seorang Perempuan Untuk Dinikahi

19.37
══════════════════
   🔰  FAKULTAS FIQH 🔰
     ⭐ NIKAH ⭐
       SOAL JAWAB No. 66
══════════════════

❔ *APA SAJA KRITERIA MEMILIH SEORANG PEREMPUAN UNTUK DINIKAHI?* ❓

📩🔓 Pertanyaan :

Assalamu'alaikum, Ustadz Saeed Abu Yaman...
Apa kriteria perempuan yang pantas untuk dipinang?, karena saya ingin melamar seorang perempuan. 
Kebetulan orang tua menjodohkan saya dengan tetangga sebelah. Dia anak seorang kyiai dan pandai mengaji, tapi saya tidak menyukainya. 


👆💬 *Ustadz Saeed Albandunjie* _(Abu Yaman -laqob dari Syeikh Adil Manshur-)_

Diriwayatkan dari Abi Hurairoh di Shohih Al-Bukhori dan Muslim :

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لأَرْبَعٍ: لِمَـالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ.

“Wanita dinikahi karena empat perkara; karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya; maka pilihlah wanita yang taat beragama, niscaya engkau beruntung." 

Jika keempat kriteria di atas bisa terpenuhi semua maka itu sangat baik. 

Jika dia pandai mengaji maka kriteria agama sudah dapat dan sebenarnya inilah pilihan yang terbaik. Adapun kecantikan relatif. Bisa jadi parasnya yang biasa saja jadi terkatrol karena kecantikan akhlaqnya. 

Ingat, pesan Nabi ﷺ dalam hadits di atas adalah agar sebaiknya lelaki ketika memilih perempuan untuk menjadi pasangan hidupnya adalah mendahulukan agamanya.

Berkata As-Syeikh bin Baaz rohimahulloh : 

يقول النبي-صلى الله عليه وسلم - في الحديث الصحيح: (تنكح المرأة لأربع: لمالها, ولجمالها, ولحسبها, ولدينها فاظفر بذات الدين تربت يداك)، أن يكون همك الوحيد، هو صلاح دينها فإذا كان مع ذلك جمال, ومال, وحسب فهذا خير إلى خير طيب، لكن لا يكن همك الجمال, أو المال, أو الحسب لا , ليكن أكبر الهم وأعظم القصد صلاح الدين واستقامة الأخلاق تسأل عنها الخبيرين بها فإذا كانت ذات دين بعيدة عن التبرج, وعن أسباب الفتنة, محافظة على الصلاة في أوقاتها فاقرب منها, وإذا كانت بخلاف ذلك فاتركها المهم أن العناية الكبرى تكون بالدين

(Dari hadits yang disebutkan di atas-penterjemah) maka yang menjadikan pilihan terpentingmu satu, yaitu kebaikan agamanya. Jika agama dia (perempuan itu) baik, ditambah parasnya yang cantik, memiliki kecukupan harta dan nasabnya di depan manusia baik, maka inilah kebaikan yang sangat besar. Janganlah memprioritaskan kecantikan atau harta atau marga atau nasab yang mulia, tapi prioritaskan agamanya. 
Jika dia memiliki ilmu agama, maka dia tidak akan ber-tabarruj yang akan menjadi penyebab fitnah sekaligus juga dia bisa menjaga sholatnya, maka dekatilah dia. Jika tidak ada kriteria agama, sebaiknya jauhi. 
-Selesai dari fatwa beliau-. 

Sumber : 
📚 https://www.binbaz.org.sa/noor/10834

والله أعلم

════ ❁✿❁ ════

💬 Rasulullah ﷺ bersabda :

مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ

“Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan, maka ia mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan.” 
📚 *[HR. Muslim, 3509]*


══════ 🔰 ══════

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »