BOLEHKAH MEMBELI EMAS DENGAN CARA DICICIL ATAU KREDIT❓

19.07
═══════════════════
   🔰  FAKULTAS FIQH 🔰
   ⭐️ BUYU/JUAL-BELI ⭐️
      SOAL JAWAB No. 50
═══════════════════

 BOLEHKAH MEMBELI EMAS DENGAN CARA DICICIL ATAU KREDIT❓

⁉️🔒 Pertanyaan :

Bismillah...
ada titipan pertanyaan ustadz, apa hukum kredit emas?
Jazakallahukhairan


✔️✍️ Ustadz Saeed Al-Bandunjie :

Diriwayatkan oleh Imaam Al-Bukhori dari Zaid bin Arqom :

 نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن بيع الذهب بالورق دينا

"Nabi ﷺ melarang menjual emas dengan uang secara utang".

فعَنْ عُبَادَةَ بْنِ الصَّامِتِ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ( الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَالْفِضَّةُ بِالْفِضَّةِ مِثْلاً بِمِثْلٍ ، سَوَاءً بِسَوَاءٍ ، يَدًا بِيَدٍ ، فَإِذَا اخْتَلَفَتْ هَذِهِ الأَصْنَافُ فَبِيعُوا كَيْفَ شِئْتُمْ إِذَا كَانَ يَدًا بِيَدٍ

Dari Ubadah bin Shomith di Shohih Muslim. Berkata Rasulullah ﷺ : "emas dengan emas, perak dengan perak yang jumlahnya dan harganya sama. Secara tunai bertemu kedua tangan (take and give). Jika berbeda bentuknya maka tidak apa-apa dalam jual beli tersebut yang penting pembayaran tunai".

Begitupun di hadits Fadholah bin Ubaid bersabda Nabi ﷺ :

وعن فضالة بن عبيد رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "لا تبيعوا الذهب بالذهب إلا وزنًا بوزن

"Jangan jual-beli emas dengan emas kecuali dengan takaran yang sama".

♻️ Kesimpulan dari hadits-hadits di atas secara pengamalannya :

Maka jika yang membeli mempunyai uang tunai (cash) Rp 2 juta yang hanya cukup untuk membeli emas 4 gram maka beli saja emas 4 gram itu secara tunai. Tidak boleh mengambil atau membeli emas yang 7 gram, di mana 4 gram dibayar tunai dan yang 3 gram dibayar secara kredit (dibayar nanti secara angsuran). ❌Ini tidak boleh❌.

Apalagi jika memang berhutang langsung 7 gram yang akan dibayar bulan-bulan berikutnya (dikredit atau diangsur), ❌ ini lebih jelas pelarangannya❌.

Maka jika jual beli sesama emas, juga harus tunai, give and take. Dan syarat lainnya adalah harus sama takaran emasnya. Emas 3 gram ditukar dengan 3 gram. Dan emas 24 karat ditukar dengan emas 24 karat juga.

Jika jual emas dengan barang lain yang berbeda selain emas itu sendiri dan uang, maka saling disepakati sesuai harga barternya. Misalnya 1 gram emas dibayar beberapa kilo kurma, maka ini harus dibayar tunai di tempat transaksi pada saat itu juga. Dan jika tidak terpenuhi syarat-syarat di atas maka ini akan masuk ke dalam riba.

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "الذهب بالذهب وزنًا بوزن مثلًا بـمثل، والفضة بالفضة وزنًا بوزن مثلًا بـمثل، فمن زاد أو استزاد فهو ربا"

Seperti di hadits Abi Hurairoh di Shohih Muslim : "emas dengan emas yang sesuai neracanya dan maka barangsiapa yang menambah dan menambah dia masuk kepada riba".


والله أعلم

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »