JANGAN SALAH DAN ASAL PILIH GURU AGAMA

09.03
════════════════════
      🔰 FAKULTAS MANHAJ 🔰
      ‎       SOAL JAWAB No. 20
════════════════════

 JANGAN  SALAH DAN ASAL PILIH GURU AGAMA

🔒 Pertanyaan :

Mau Tanya Ustadz..
Sudah sering dengar penjelasan ustadz-ustadz salaf tentang pentingnya memilih guru agama. Sementara, di daerah saya belum ada ustadz yang jelas dan kokoh dalam manhaj salaf. Sehingga terpaksa saya mendengar kajian dari ustadz ahlul bid'ah maupun yang hizbi. Alhamdulillah, saya bisa belajar dari grup ini dan beberapa web yang menyediakan rekaman kajian secara gratis.


✔️ Jawaban :
✍️ Ustadz Saeed Al-Bandunjie :

Tidak boleh bermajlis dengan ahli bid'ah❗️Lebih baik antum mendengar rekaman-rekaman audio para ulama ahli sunnah daripada duduk dengan pengajar-pengajar yang bermasalah manhajnya, apalagi jika para pengajar itu sudah dijarh para ulama.

قال عبد الله بن عباس – رضي الله عنهما -:"لا تجالس أهل الأهواء فإنَّ مجالستهم مُمْرِضةٌ للقلوب

Dinukilkan di kitab alibanah dr ibn abbas rodiyallohuanhu:

"Janganlah kalian duduk dengan ahlul hawa ahlul bidah, karena duduknya dengan mereka menjadikan keburukan pada hati."

 قال أحمد بن حنبل:"أهل البدع لا ينبغي لأحد أن يجالسهم، ولا يخالطهم، ولا يأنس بهم

Dan berkata Ahmad bin Hanbal di alibaanah : "ahlu bid'ah tidak boleh seseorang untuk mengambil ilmu padanya dan tidak boleh bercengkrama dengannya dan tidak boleh duduk menemaninya."

Maka cukuplah menuntut ilmu dari para ulama dan ustadz ahlusunnah dan selektiflah dalam mencari teman duduk atau teman baik yang manhajnya juga ahlusunnah, seperti nasehat dari Nabi ﷺ di Sunan Abu Daud dari Abu Hurairoh yang sanadnya shohih.

:” المرء على دين خليله فلينظر أحدكم من يُخَالِل”

"Agama seseorang tergantung dari agama teman dekat yang sangat dicintainya."

عن ابن سيرين قال إن هذا العلم دين فانظروا عمن تأخذون دينكم

Diriwayatkan Imaam Muslim di Muqodimah-nya berkata Ibn Sirin :
"Bahwa sesungguhnya ilmu itu adalah agama. Maka selektiflah dari siapa kalian (mencari pengajar) agar mengambil agama-agama kalian."


♻️ Kesimpulan : 
Banyaklah berdoa kepada Alloh agar dimudahkan mempunyai teman ahlusunnah yang baik yang mengajak kepada majlis-majlis ilm dan diberikan kemudahan untuk mendapatkan pengajar ahlusunnah. Dan jangan bermurah-murahan duduk dengan ahlubidah, karena syubhat-syubhat yang ada pada mereka jika bersarang di hati akan sulit untuk dikeluarkannya.

والله أعلم

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »