KAPAN MENGANGKAT TELUNJUK SAAT TASYAHUD❓

10.06

⌛️
KAPAN MENGANGKAT TELUNJUK SAAT TASYAHUD❓

🔒 Pertanyaan :
Ustadz, ketika tasyahud kapan kita mengangkat telunjuk, dari awal atau ketika membaca syahadat?
Barakallahu fiikum..

🔓 Jawaban :
✍️ Ustadz Saeed Al-Bandunjie :

Mengangkat telunjuk itu dari awal sesuai hadits Abdullah bin Zubair rodiyallohuanhuma yang diriwayatkan oleh Imaam Muslim di Shohih-nya.

  قال: كان رسول الله -صلى الله عليه وسلم- إذا قعد في الصلاة جعل قدمه اليسرى بين فخذه وساقه ، وفرش قدمه اليمنى ، ووضع يده اليسرى على ركبته اليسرى ، ووضع يده اليمنى على فخذه اليمنى ، وأشار بإصبعه .

"Dulu Nabi ﷺ jika duduk tasyahud di sholatnya, diletakkan tapak kaki kirinya diantara paha dan betis kirinya, dan ditegakkan kakinya yang kanan. Dan menyimpan tangan kirinya di atas lutut kirinya. Dan menyimpan tangan kanannya di atas pahanya yang kanan. Dan memberikan isyarat dengan telunjuknya."

Dan di riwayat Muslim pula dari Ibn Umar rodiyallohuanhuma, bahwa Nabi Muhammad ﷺ jika duduk saat tasyahud menyimpan tangan kirinya di atas lututnya yang kiri dan menyimpan tangan kanannya pada lutut kanannya. Dan melengkarkan jarinya Limapuluh Tiga (jempol dan jari tengah disambungkan melingkar), dan menunjuk dengan telunjuknya.

 : أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- كان إذا قعد في التشهد وضع يده اليسرى على ركبته اليسرى ، ووضع يده اليمنى على ركبته اليمنى ، وعقد ثلاثة وخمسين وأشار بالسبابة .

Maka dari kedua hadits di atas dari lafadz (jika duduk tasyahud) menjadi pendalilan tentang mengangkat telunjuk dari awal tasyahud sampai akhir.

Begitupun dari shohabat Wail bin Hujr yang dikeluarkan Ashabussunan
beliau melihat Nabi ﷺ tasyahud langsung dalam keadaan mengangkat telunjuknya.

 رأيت النبي صلى الله عليه وعلى آله وسلم قد حلق الإبهام والوسطى ورفع التي تليها يدعو بها في التشهد

"Aku melihat Nabi ﷺ telah melingkarkan jari tengah dan jempol dan mengangkat jari telunjuknya dan berdoa dalam keadaan tersebut di tasyahud."

Maka di lafdz ini ada penjelasan untuk hadits Ibn Umar sebelumnya tentang "Limapuluh Tiga."

Maka tidak ada pendalilan yang jelas dari hadits-hadits yang shohih bahwa mengangkat telunjuk saat membaca syahadah.

والله أعلم

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »