SUDAH MANDI JANABAH APA MASIH HARUS BERWUDHU❓

17.14
════════════════════
            🔰 FAKULTAS 🔰
 ‎    ▪️ ILMU HADITS & FIQH ▪️
 ‎           SOAL JAWAB No. 09
════════════════════
SUDAH MANDI JANABAH APA MASIH HARUS BERWUDHU❓

🔒 Pertanyaan :

Bismillah. Assalamu'alaikum. Ustadz, apakah setelah mandi janabah yang di dalamnya sudah ada wudhunya, kita diharuskan kembali berwudhu ketika hendak shalat?
Syukron, jazakallahu khoiron.


🔓 Jawaban :
✍️ Ustadz Saeed Al-Bandunjie :

Dari sunnah mandi janabah dimulai dengan wudhu. Yang mana menjadi pendalilan pada mandi junub ada dua pengangkat najis yaitu najis shugro dan kubro.

Seperti diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari Aisyah :

عائشة زوج النبي صلى الله عليه وسلم أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا اغتسل من الجنابة بدأ فغسل يديه ثم يتوضأ كما يتوضأ للصلاة ثم يدخل أصابعه في الماء فيخلل بها أصول شعره ثم يصب على رأسه ثلاث غرف بيديه ثم يفيض الماء على جلده كله

Berkata Aisyah rodiyallohu anha berkata bahwa Nabi ﷺ  jika mandi dari junubnya, memulai mencuci tangannya kemudian berwudhu seperti wudhunya untuk sholat kemudian memasukkan jemarinya ke air dan menyelakan dengan jemarinya pangkal-pangkal rambut kepalanya kemudian menyiramkan dari atas kepalanya tiga kali cidukan tangannya. Kemudian membasuhkan air ke seluruh tubuhnya.

Begitupun masih di riwayat Al-Bukhari dari Maimunah rodiyallohu anha -istri Nabi ﷺ- berkata :

عن ميمونة زوج النبي صلى الله عليه وسلم قالت توضأ رسول الله صلى الله عليه وسلم وضوءه للصلاة غير رجليه وغسل فرجه وما أصابه من الأذى ثم أفاض عليه الماء ثم نحى رجليه فغسلهما هذه غسله من الجنابة

Nabi ﷺ berwudhu seperti untuk melaksanakan sholat, kecuali kedua kakinya dan mencuci alat vitalnya yang terkena kotoran kemudian membasuhkan air ke seluruh tubuhnya kemudian membasahi kaki dan mencuci keduanya.
Maka inilah mandi junub✔️.

Dengan demikian, jika memang sudah melaksanakan sunnah wudhu di mandi janabahnya maka tidak butuh lagi untuk berwudhu. Dan ini yang difatwakan oleh Ibn Baaz rohimahulloh.
والله أعلم

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »