WAKTU TERBAIK UNTUK SHALAT DHUHA

03.13
════════════════════
      🔰 FAKULTAS FIQH🔰
      ‎  SOAL JAWAB No. 32
════════════════════

 WAKTU TERBAIK UNTUK SHALAT DHUHA

⁉️ Pertanyaan :

Assalamualaykum ustadz Saeed semoga Allah Azza WaJalla selalu memberi rahmat-Nya pada Ustadz dan keluarga.

Ada pertanyaan dari kawan ana ustadz. Dia selalu rajin sholat Dhuha di pukul 9 pagi. Hanya kerena kebiasaan ini dia ditegur atasannya yg Nasoroh. "Boleh gak bu kalo sholat sunnahnya diundur jam 10 atau 10.30? Karena kalo jam 9 banyak telepon dari klien yg harus diangkat atau dihubungi"
Nah bagaimana ibu ini menanggapi teguran atasannya ustadz Saeed.
Jazakaallahu khairan.

✔️💺 Ustadz Saeed Al-Bandunjie :

Waalaikum salaam warohmatulloh wabarokatuh

Untuk waktu sholat Dhuha telah kita jawab di Soal-Jawab No. 15. Dan untuk jumlah rokaat paling sedikit 2 rokaat dan lebih pun tidak apa-apa. Telah kami jelaskan tentang jumlah rokaat sholat Dhuha di Soal-Jawab No. 31

Adapun untuk menjawab permasalahan ini, agar saudara kita tetap melaksanakan sholat Dhuha-nya secara konsisten, maka tidak mengapa mengikuti anjuran dari managernya yaitu shalat Dhuha diundur dari jam 9 pagi ke jam 10:30.

Justru inilah waktu terbaik untuk sholat Dhuha. Seperti di Shohih Muslim dari Zaid bin Arqom :

فعن زيد بن أرقم رضي الله عنه قال: خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم على أهل قباء وهم يصلون فقال: "صلاة الأوابين إذا رمضت الفصال

Nabi shallallahu alaihi wasallam keluar kepada penduduk Quba dan mereka dalam keadaan sholat. Maka berkata sholallohu alaihi wasallam : "sholat orang-orang yang kembali kepada Alloh (yang sholat Dhuha) saat kepanasannya al-fishol (anak-anak unta)".

Maknanya: sebaik-baiknya waktu untuk sholat Dhuha yaitu saat (romadhot) atau saat tanah memanas dan al-fishol anak-anak unta kepanasan beranjak dari tempat duduk mereka.



والله أعلم

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »