Hukum Mengambil Untung Dari Jual-Beli

16.02
═══════════════════
   ๐Ÿ”ฐ  FAKULTAS FIQH ๐Ÿ”ฐ
   ⭐ BUYU/JUAL-BELI ⭐
      SOAL JAWAB No. 76
═══════════════════

✅๐Ÿ“› TIDAK ADA LARANGAN MENGAMBIL UNTUNG DARI JUAL-BELI

⁉๐Ÿ”’ Pertanyaan :

Bismillah
Ana ada pertanyaan. 
Contohnya begini, misalnya seseorang mau beli hp melalui ana. Harga aslinya dari orang yang menjual adalah 1 juta. Tapi ana bilang kepada pembeli harganya 1 juta 50 ribu, tanpa memberitahukan harga aslinya kepada pembeli, dengan tujuan ana ambil keuntungan 50 ribu. Bagaimana ini hukumnya, ustadz?
Jazakallahu khoiron


๐Ÿ‘†✍ *Ustadz Saeed Albandunjie* _(Abu Yaman -laqob dari Syeikh Adil Manshur-)_

Asal dari jual beli memang butuh kepada laba atau keuntungan. Ini sesuai dengan definisi Islam tentang perdagangan atau at-Tijaroh sebagai berikut :

ุงู„ุชุฌุงุฑุฉ ู‡ูŠ: ุดุฑุงุก ุงู„ุณู„ุน ูˆุจูŠุนู‡ุง ุจู‚ุตุฏ ุงู„ุฑุจุญ ู…ู†ู‡ุง.

Perdagangan adalah : membeli barang dagangan dan menjualnya dengan tujuan mendapatkan laba atau keuntungan. 

Dan definisi dari laba atau keuntungan dalam Islam adalah : 

ูˆุงู„ุฑุจุญ ู‡ูˆ: ุงู„ูุฑู‚ ุงู„ุฒุงุฆุฏ ุจูŠู† ุซู…ู† ุจูŠุน ุงู„ุณู„ุนุฉ ูˆุซู…ู† ุดุฑุงุฆู‡ุง.

Selisih tambahan antara harga jual dengan harga beli. 

Maka jual beli yang didefinisikan di atas dengan tujuan mengambil laba adalah sudah benar dan banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an. 

ูˆููŠ ุงู„ู‚ุฑุขู† ุงู„ูƒุฑูŠู…: (ูŠุง ุฃูŠู‡ุง ุงู„ุฐูŠู† ุขู…ู†ูˆุง ู„ุง ุชุฃูƒู„ูˆุง ุฃู…ูˆุงู„ูƒู… ุจูŠู†ูƒู… ุจุงู„ุจุงุทู„ ุฅู„ุง ุฃู† ุชูƒูˆู† ุชุฌุงุฑุฉ ุนู† ุชุฑุงุถ ู…ู†ูƒู…). (ุงู„ู†ุณุงุก: 29).

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu." (QS. An-Nisฤ' : 29) 

Jelas sekali makna surat di atas adalah bahwa jual-beli yang saling ridho diantara kedua belah pihak yaitu penjual -yang menyediakan barang dagangan- dan pembeli - yang membutuhkan barang dagangan- itu adalah jual-beli yang halal. 

Seperti soal di atas, penanya membeli hp dengan modalnya sendiri 1 juta ribu, lalu setelah dihitung dengan modal dan ongkos kirim maka dijualnya hp tersebut pada pemesanannya di Sumatera sebesar 1 juta 50 ribu. Ini halal dan masuk kepada tijaroh yang menginginkan hasil laba yang halal. 

Maka Alloh halalkan jual-beli beli bahkan tidak dibutuhkan kepada penulisan jika jual-beli dibayar secara tunai. 

 (ุฅู„ุง ุฃู† ุชูƒูˆู† ุชุฌุงุฑุฉ ุญุงุถุฑุฉ ุชุฏูŠุฑูˆู†ู‡ุง ุจูŠู†ูƒู… ูู„ูŠุณ ุนู„ูŠูƒู… ุฌู†ุงุญ ุฃู„ุง ุชูƒุชุจูˆู‡ุง). (ุงู„ุจู‚ุฑุฉ: 282).

"(Tulislah mu'amalahmu itu), kecuali jika mu'amalah itu perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tidak ada dosa bagi kamu, (jika) kamu tidak menulisnya." 
(QS. Al-Baqarah : 282)

Adapun jual-beli yang merugikan, yang tidak menghasilkan keuntungan atau laba kecuali kebangkrutan yang nyata adalah perdagangan yang dilakukan oleh orang-orang munafiqun :

ู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰ : (ุฃูˆู„ุฆูƒ ุงู„ุฐูŠู† ุงุดุชุฑูˆุง ุงู„ุถู„ุงู„ุฉ ุจุงู„ู‡ุฏูŠ ูู…ุง ุฑุจุญุช ุชุฌุงุฑุชู‡ู… ูˆู…ุง ูƒุงู†ูˆุง ู…ู‡ุชุฏูŠู†). (ุงู„ุจู‚ุฑุฉ: 16).

"Karena orang munafiq membeli kesesatan dengan modal hidayah mereka. Maka mereka rugi besar dalam perdagangannya."
(QS. Al-Baqarah : 16) 

Dan sebaliknya Alloh puji mereka orang-orang yang mempunyai keberuntungan laba yang prima dengan mendapatkan balasan syurga. Disaat dijual jiwa raga dan hartanya untuk menggapai ridho Alloh. 

ู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰ : (ูˆู…ู† ุงู„ู†ุงุณ ู…ู† ูŠุดุฑูŠ ู†ูุณู‡ ุงุจุชุบุงุก ู…ุฑุถุงุฉ ุงู„ู„ู‡). (ุงู„ุจู‚ุฑุฉ: 207).

"Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan/menjual dirinya (jiwa hartanya) karena mencari keridhaan Allah."
(QS. Al-Baqarah : 207)

ูˆู‚ุงู„ ุชุนุงู„ู‰: (ูู„ูŠู‚ุงุชู„ ููŠ ุณุจูŠู„ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฐูŠู† ูŠุดุฑูˆู† ุงู„ุญูŠุงุฉ ุงู„ุฏู†ูŠุง ุจุงู„ุขุฎุฑุฉ). (ุงู„ู†ุณุงุก: 74).

"Karena itu hendaklah orang-orang yang menjual modal kehidupan dunia dengan meraup laba kehidupan akhirat agar berperang berjihad di jalan Allah." 
(QS. An-Nisฤ' : 74) 

Maka oleh sebab itu, Alloh menganjurkan perdagangan yang halal. Setelah selesai melaksanakan sholat Jum'at, misalnya. 

ููŠ ู‚ูˆู„ู‡ ุชุนุงู„ูŠ: (ูุฅุฐุง ู‚ุถูŠุช ุงู„ุตู„ุงุฉ ูุงู†ุชุดุฑูˆุง ููŠ ุงู„ุฃุฑุถ ูˆุงุจุชุบูˆุง ู…ู† ูุถู„ ุงู„ู„ู‡). (ุงู„ุฌู…ุนุฉ: 10).

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah (perdagangan yg menguntungkan)." 
(QS. Al-Jum'ah : 10)

⏬⏬⏬

Dan pendalilannya juga ada di dalam hadits yang muttafaq alaih dari Hakiim bin Hizaam :

ุนَู†ْ ุฃَุจِูŠ ุฎَุงู„ِุฏ، ุญَูƒِูŠู…ِ ุจْู†ِ ุญِุฒَุงู…ٍ ุฑَุถِูŠَ ุงู„ู„َّู€ู‡ُ ุนَู†ْู‡ُ، ู‚َุงู„َ: "ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ: ((ุงู„ْุจَูŠِّุนَุงู†ِ ุจِุงู„ْุฎِูŠَุงุฑِ ู…َุง ู„َู…ْ ูŠَุชَูَุฑَّู‚َุง، ูَุฅِู†ْ ุตَุฏَู‚َุง ูˆَุจَูŠَّู†َุง ุจُูˆุฑِูƒَ ู„َู‡ُู…َุง ูِู‰ ุจَูŠْุนِู‡ِู…َุง، ูˆَุฅِู†ْ ูƒَุฐَุจَุง ูˆَูƒَุชَู…َุง ู…ُุญِู‚َุชْ ุจَุฑَูƒَุฉُ ุจَูŠْุนِู‡ِู…َุง))"

Bersabda Nabi Muhammad ๏ทบ : "Penjual dan pembeli saling sepakat atas harga dan memilih/menawarkan barang dagangannya selama belum berpisah diantara keduanya." 

Jika penjual jujur tentang barang dagangannya, tidak menipu, mentadlis dan menjelaskan secara jujur barang dagangannya yang ada kekurangannya, maka transaksi perdagangan kedua pihak tersebut akan diberkahi. Sebaliknya, jika si penjual menutupi kekurangan dan bahkan berbohong maka akan dihapuskan keberkahan diantara keduanya. 

๐ŸŒด Kesimpulan : 
Jual-beli mendapat keuntungan adalah perkara yang halal. 

Namun hendaknya melakukan perdagangan yang syar'i seperti disebutkan di atas yaitu : saling sepakat. 

Jika dijual 1 juta 50 ribu terlalu mahal bagi pembeli, dari pada tidak laku atau batal tender bisnisnya, maka bisa dikurangi jadi 1 juta 40 ribu atau 1 juta 30 ribu dan sebagainya. Hal ini untuk mengantisipasi jika barang banyak di pasaran maka orang akan mencari yang paling murah. Maksudnya, pembeli mencari penjual dengan margin laba yang paling murah .

Begitupun jika barang tidak ada di pasaran seperti karena import, sudah langka atau jarang produsennya, hingga tidak ada harga patokan di pasaran, maka bisa si penjual mengambil keuntungan dari kebijakannya, selama kedua belah pihak -penjual dan pembeli- saling ridho dan tidak pula menjadi syarat penjual untuk memberitahukan modal dia ketika membeli dari pabrik, grosir atau  tengkulak pertama kepada pembeli. Maka ini pun halal sesuai firman Alloh, karena sekali lagi Alloh menghalalkan jual-beli :

(ูˆَุฃَุญَู„َّ ุงู„ู„َّู‡ُ ุงู„ْุจَูŠْุนَ)

Adapun nasihat saya pribadi agar antum sukses dalam perdagangannya dan diberkahi. Bermudah-mudahlah dalam membeli jangan terlalu pelit minta murah dan saat menjualpun jangan terlalu tinggi membuat susah orang yang membeli. 

Diriwayatkan oleh Imaam Al-Bukhori dari shohabat Jabir bin Abdillah, Nabi ๏ทบ telah mengajari kita agar disayangi Alloh dalam jual beli dengan sabdanya :

(( ุฑุญู… ุงู„ู„ู‡ ุฑุฌู„ًุง ุณู…ุญًุง ุฅุฐุง ุจุงุน ูˆุฅุฐุง ุงุดุชุฑู‰ ูˆุฅุฐุง ุงู‚ุชุถู‰ )).

"Alloh merahmati seseorang yang bermurah-murahan saat menjual dan bermurah-murahan saat membeli dan saat memutuskan."

ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…

════ ❁✿❁ ════

๐Ÿ’ฌ Rasulullah ๏ทบ bersabda :

ู…َู†ْ ุฏَู„َّ ุนَู„َู‰ ุฎَูŠْุฑٍ ูَู„َู‡ُ ู…ِุซْู„ُ ุฃَุฌْุฑِ ูَุงุนِู„ِู‡ِ

“Barangsiapa menunjukkan kepada kebaikan, maka ia mendapatkan pahala sebagaimana orang yang melakukan.” 
๐Ÿ“š *[HR. Muslim, 3509]*


══════ ๐Ÿ”ฐ ══════

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »