BOLEHKAH MEWARNAI UBAN?

22.51
═══════════════════
   ๐Ÿ”ฐ  FAKULTAS FIQH ๐Ÿ”ฐ
     SOAL JAWAB No. 100
═══════════════════

Hasil gambar untuk mewarnai uban
 *BOLEHKAH MEWARNAI UBAN?*

 *Pertanyaan :*

Bismillah, 
Ustadz, bolehkah menghitamkan rambut (uban)?
Jazakallahu khoiron.


๐Ÿ‘†✍️ *Ustadz Saeed Albandunjie Abu Yaman*

Asal hukum menggunakan warna bagi rambut yang beruban (mewarnai uban) adalah boleh. Selama terjauh dari 2 perkara, yaitu :

1⃣ ❌ *Tidak menggunakan warna hitam*

ุนู† ุฌุงุจุฑ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ู‚ุงู„ ุฃุชูŠ ุจุฃุจูŠ ู‚ุญุงูุฉ ูŠูˆู… ูุชุญ ู…ูƒุฉ ูˆุฑุฃุณู‡ ูˆู„ุญูŠุชู‡ ูƒุงู„ุซุบุงู…ุฉ ุจูŠุงุถุง ูู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ุบูŠุฑูˆุง ู‡ุฐุง ุจุดูŠุก ูˆุงุฌุชู†ุจูˆุง ุงู„ุณูˆุงุฏ

Seperti di hadits Jabir di Shohih Muslim.
Datang di hari Fath Makkah Abu Quhaafah yang mana rambut kepala dan jenggotnya penuh uban yang putih. (seperti pohon tsaqomah yang daun-daunnya putih) maka bersabda Rasulullah ๏ทบ : _"warnailah (ubahlah dari warna putih uban tersebut ke warna lain) dan jauhilah dari warna hitam"._

Maka boleh mewarnai dengan  (hena) berwarna kuning atau merah dan sebagainya, *selain* warna hitam.

 *Jika mewarnai dengan warna hitam maka hukumnya ๐Ÿ“›haram.*

Dan telah datang dari hadits Ibn Abbaas  beliau berkata: .

 ูŠูƒูˆู† ู‚ูˆู… ูŠุฎุถุจูˆู† ููŠ ุขุฎุฑ ุงู„ุฒู…ุงู† ุจุงู„ุณูˆุงุฏ ูƒุญูˆุงุตู„ ุงู„ุญู…ุงู… ، ู„ุง ูŠุฑูŠุญูˆู† ุฑุงุฆุญุฉ ุงู„ุฌู†ุฉ

 _Akan datang suatu kaum di akhir zaman menggunakan pewarna rambut berwarna hitam. Seperti dada-dada merpati yang kebanyakan hitam. Yang mana mereka tidak akan mencium bau surga._
---------------------------------------------
*Catatan untuk takhriij hadits :*

1- Hadits Jabir di Shohih Muslim, diillahkan (didhoifkan) pada lafdz; ( ูˆุงุฌุชู†ุจูˆุง ุงู„ุณูˆุงุฏ). Jauhilah "warna hitam".
Bahwa lafdz di atas mudrooj. Bukan ucapan Nabi ๏ทบ tetapi ucapan perowi yang dimasukkan. Dikira ucapan Nabi ๏ทบ. Dengan hujjah di Musnad Ahmad 3/338

ุซู†ุง ุญุณู† ูˆุฃุญู…ุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู…ู„ูƒ ู‚ุงู„ุง ุซู†ุง ุฒู‡ูŠุฑ ุนู† ุฃุจูŠ ุงู„ุฒุจูŠุฑ ุนู† ุฌุงุจุฑ ู‚ุงู„ ุฃุญู…ุฏ ููŠ ุญุฏูŠุซู‡ ุซู†ุง ุฃุจูˆ ุงู„ุฒุจูŠุฑ ุนู† ุฌุงุจุฑ ู‚ุงู„: ุฃุชู‰ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุจุฃุจูŠ ู‚ุญุงูุฉ ุฃูˆ ุฌุงุก ุนุงู… ุงู„ูุชุญ ูˆุฑุฃุณู‡ ูˆู„ุญูŠุชู‡ ู…ุซู„ ุงู„ุซุบุงู… ุฃูˆ ู…ุซู„ ุงู„ุซุบุงู…ุฉ ู‚ุงู„ ุญุณู† ูุฃู…ุฑ ุจู‡ ุฅู„ู‰ ู†ุณุงุฆู‡ ู‚ุงู„ ุบูŠุฑูˆุง ู‡ุฐุง ุงู„ุดูŠุจ ู‚ุงู„ ุญุณู† ู‚ุงู„ ุฒู‡ูŠุฑ ู‚ู„ุช ู„ุฃุจูŠ ุงู„ุฒุจูŠุฑ ุฃู‚ุงู„ : ุฌู†ุจูˆู‡ ุงู„ุณูˆุงุฏ؟ ، ู‚ุงู„ : ู„ุง .

Berkata Zuhair, aku berkata kepada Abi Zubair : apakah berkata : jauhilah warna hitam. Berkata Abi Zubair : tidak.
Namun illah ini ghoiri qodihah (pendhoifan yang tidak berpengaruh). Karena di Shohih Muslim yang  meriwayatkan dengan tambahan adalah Ibn Juraij yang sangat kuat hapalannya

 ุนู† ุงุจู† ุฌุฑูŠุฌ ุนู† ุฃุจูŠ ุงู„ุฒุจูŠุฑ ุนู† ุฌุงุจุฑ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ู‚ุงู„ ุฃุชูŠ ุจุฃุจูŠ ู‚ุญุงูุฉ ูŠูˆู… ูุชุญ ู…ูƒุฉ ูˆุฑุฃุณู‡ ูˆู„ุญูŠุชู‡ ูƒุงู„ุซุบุงู…ุฉ ุจูŠุงุถุง ูู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ุบูŠุฑูˆุง ู‡ุฐุง ุจุดูŠุก ูˆุงุฌุชู†ุจูˆุง ุงู„ุณูˆุงุฏ.

Dan Ibn Juraij didukung pula oleh Ayuub Assikhtiyani seperti di mustakhroj Abu Awaanah

ุนู† ุงูŠูˆุจ ุนู† ุงุจูŠ ุงู„ุฒุจูŠุฑ ุนู† ุฌุงุจุฑ ู‚ุงู„ : ุฃุชูŠ ุจุงุจูŠ ู‚ุญุงูุฉ ุงู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ุนุงู… ุงู„ูุชุญ ูˆูƒุงู† ุฑุฃุณู‡ ูˆู„ุญูŠุชู‡ ู…ุซู„ ุงู„ุซุบุงู…ุฉ ูู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ุงุจุนุซูˆุง ุจู‡ ุงู„ู‰ ุนู†ุฏ ู†ุณุงุฆู‡ ูู„ูŠุบูŠุฑู†ู‡ ูˆู„ูŠุฌู†ุจู†ู‡ ุงู„ุณูˆุงุฏ.

Maka lafdz : menjauhi warna hitam tsabit/kuat dari ucapan Nabi ๏ทบ.

2- Adapun hadits ibn abbas diriwayatkan Abu Daud dan An-Nasa’i. Hadits ini sanadnya shohih. Namun terjadi ikhtilaf antara ucapan Nabi marfu atau ucapan shohabat mauquuf.

Berkata alhafidz Ibn Hajar : yang rojih mauquf ucapan Ibn Abbaas dan ucapan Ibn Abbaas hukumnya marfu hukman, (karena bukan dari akal dan pendapat Ibn Abbaas tentang adzab akhirot.)

Maka dengan ini an-Nawawi memilih bahwa : memakai warna hitam perkara yang haroom.

ู‚ุงู„ ุงู„ุญุงูุธ ุงุจู† ุญุฌุฑ ุฑุญู…ู‡ ุงู„ู„ู‡ : ูˆุฅุณู†ุงุฏู‡ ู‚ูˆูŠ ุฅู„ุง ุฃู†ู‡ ุงุฎุชู„ู ููŠ ุฑูุนู‡ ูˆูˆู‚ูู‡ ، ูˆุนู„ู‰ ุชู‚ุฏูŠุฑ ุชุฑุฌูŠุญ ูˆู‚ูู‡ ، ูู…ุซู„ู‡ ู„ุง ูŠُู‚ุงู„ ุจุงู„ุฑุฃูŠ ، ูุญูƒู…ู‡ ุงู„ุฑูุน . ูˆู„ู‡ุฐุง ุฃุฎุชุงุฑ ุงู„ู†ูˆูˆูŠ ุฃู† ุงู„ุตุจุบ ุจุงู„ุณูˆุงุฏ ูŠُูƒุฑู‡ ูƒุฑุงู‡ูŠุฉ ุชุญุฑูŠู….
*fathul baari 6/499*


2⃣ ❌ *Tidak mengikuti model orang kufaar dalam bentuk penyajian rambutnya.*

Sesuai ucapan Nabi ๏ทบ : barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dihukumi seperti kaum tersebut.

  ุนَู†ْ ุงุจْู†ِ ุนُู…َุฑَ ู‚َุงู„َ : ู‚َุงู„َ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ู…َู†ْ ุชَุดَุจَّู‡َ ุจِู‚َูˆْู…ٍ ูَู‡ُูˆَ ู…ِู†ْู‡ُู…ْ

Dikeluarkan Abu Daud dari Ibn Umar dengan sanad yang shohih.

ูˆุงู„ู„ู‡ ุฃุนู„ู…

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »