MEMBANTAH SYUBHAT BAHWA UMAR BIN KHATTAB ADALAH MANUSIA PERTAMA YANG MEMBUAT KUBAH DI KUBURAN AL-BAQIE?

22.47
══════════════════
   🔰  FAKULTAS AQIDAH 🔰
               ⭐️ TAUHID ⭐️
       SOAL JAWAB No. 99
══════════════════

Hasil gambar untuk kubah di kuburan albaqie
 MEMBANTAH SYUBHAT BAHWA UMAR BIN KHATTAB ADALAH MANUSIA PERTAMA YANG MEMBUAT KUBAH DI KUBURAN AL-BAQIE?

📩🔓 Pertanyaan :

Assalamu'alaikum...,
Afwan ustadz, telah beredar di media sosial bahwa Umar bin Khattab adalah orang yang pertama yang membangun kubah di kuburan Baqie. Pernyataan ini dinukil dari Imam Malik :

قَالَ مَالٍكٌ: أَوَّلُ مَنْ ضَرَبَ عَلَى قَبْرٍ فُسْطَاطًا عُمَرُ، ضَرَبَ عَلَى قَبْرِ زَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ زَوْجِ النَّبِىِّ، - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ)

Imam Malik berkata: "Orang yang pertama kali membangun kubah diatas kuburan adalah Umar ra. Dia membangun kubah di atas makam Zainab binti Jahsy, isteri Nabi saw”
(Syarahal-Bukhari karya Ibnu Baththal, 5/346)

Apakah ini shohih?
Jazakallahukhairan.


👆✍️ Ustadz Saeed Albandunjie Abu Yaman

Perkara di atas bathil tidak shohih❌.

Kelompok ahlu bid'ah dari kalangan ashufiyah (sufi) menjadikan atsar Umar ini sebagai syubhat untuk melindungi kebid'ahan mereka. Dengan atsar ini mereka merasa senang bahwa ternyata Umar rodiyallohu anhu satu pemikiran dan aqidah dengan mereka dalam membangun kubah untuk para auliya assholihin.

Jawaban dari  syubhaat ini ada tiga segi : 

1⃣ Segi pertama dari Ilmu Hadits
Atsar ini dikeluarkan Ibn Saad di at-Thobaaqotul Kubro dengan sanadnya. 8/113-114

حدثنا الفضل بن دكين و مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ، عَنْ أَبِي مَعْشَرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْكَدِرِ، قَالَ: مَرَّ عُمَرُ عَلَى حَفَّارِينَ يَحْفِرُونَ قَبْرَ زَيْنَبَ فِي يَوْمٍ صَائِفٍ، فَقَالَ: " لَوْ أَنِّي ضَرَبْتُ عَلَيْهِمْ فُسْطَاطًا "، فَكَانَ أَوَّلَ فُسْطَاطٍ ضُرِبَ عَلَى قَبْرٍ

Saat Umar melewati kuburan Baqie dan melewati para penggali kuburan Zainab di hari yang panas sekali. Maka Umar berkata : oh jika saya memasangkan mereka kemah (untuk berlindung dari sengatan Mentari). Maka jadilah Umar orang pertama yang membuat kemah di kuburan.

Sanad ini lemah karena ulama telah sepakat mendhoifkan Abu Mi'syar yang namanya najiih bin abdurohmaan dan inqitho terputus sanadnya antara Muhammad bin Munkadir dan Umar bin al-Khotoob.

 أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عُمَرَ ، حَدَّثَنِي مُوسَى بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْحَارِثِ ، عَنْ أَبِيهِ ، قَالَ : " أَمَرَ عُمَرُ بِفُسْطَاطٍ فَضُرِبَ بِالْبَقِيعِ عَلَى قَبْرِهَا , لِشِدَّةِ الْحَرِّ يَوْمَئِذٍ ، فَكَانَ أَوَّلَ فُسْطَاطٍ ضُرِبَ عَلَى قَبْرٍ بِالْبَقِيعِ

Sanad ini lebih parah, yaitu dhoif jiddan karena guru Ibn Saad penulis Thobaaqotul Kubro adalah Muhammad bin Umar dan dia al-Waaqidi matruuk dibuang haditsnya. Maka dari segi ilmu hadits tdk bisa riwayat2 ini untuk dijadikan pendalilan.

2⃣ Segi kedua: tidak ada wajah pendalilan pada pembuatan kubah untuk kuburan karena dari lafdz atsar yang ada.

Saat meninggalnya Zainab di musim yang panas maka para penggali kubur Zainab di kuburan Baqie merasa kepanasan maka Umar bin alkhotoob memerintahkan untuk memasang (فسطاط)  yaitu kemah, agar penggali dan pekerja di kuburan Baqie tidak kepanasan.

3⃣ Ketiga pemalsuan makna ضرب القسطاطا kalau diartikan oleh penerjemah yang inshof/objektif tidak ada unsur membela kebid'ahan akan mengartikan adalah (membentangkan kemah).

Maka ahlu bid'ah tidak sungkan untuk membohongi umat bahwa Umar membuat kubah di atas kuburan Zainab. Padahal kisah yg tertulis dengan bahasa Arab adalah Umar membentangkan kemah untuk para penggali kuburan Zainab di hari yang terik. Sebagai rasa belas kasihan kepada kaum muslimin yang bekerja.

Jadi begitulah syubuhaat ahlu bid'ah...

Pendalilan mereka sangat lemah lebih rapuh dari rumah laba-laba. yang mana dia adalah rumah yang paling lemah. Sesuai ucapan Alloh :

مثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِن دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاءَ كَمَثَلِ الْعَنكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتًا ۖ وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنكَبُوتِ ۖ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ

"Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui." (QS. Al-`Ankabūt :41)Maka Asal dari hukum membangun kubah adalah harom. Dilarang oleh Nabi kita ﷺ

نَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يُجَصَّصَ الْقَبْرُ وَأَنْ يُقْعَدَ عَلَيْهِ وَأَنْ يُبْنَى عَلَيْهِ

“Rasulullah ﷺ : melarang mengkapur kuburan, duduk di atasnya dan membangun bangunan di atasnya."

Maka hukum/rule membangun kubah di atas kuburan adalah harom. Tidak bisa diruntuhkan dengan syubhat murahan/ kacangan bahwa Umar adalah orang pertama yang membangun kubah di atas kuburan Zainab yang jauh dari wajah pendalilan.

والله أعلم

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »